Selasa, 20 Februari 2018

Tarian Khas Sulawesi

Tarian Khas Sulawesi

Tarian Pisok


Tarian dari Tanah Minahasa Sulawesi Utara ini menceritakan kehidupan masyarakat Minahasa yang selalu hidup rukun, bekerja secara gotong royong, energik dan lincah. Yang menarik dari Tarian Pisok ini adalah namanya. Kata Pisok sendiri didapat dan terinspirasi dari kehidupan burung pisok. Burung Pisok merrupakan burung yangsangat langka di Tanah Minahasa, sempat dijadikan filateli Indonesia lho.Wuihh… keren banget kan??

Tarian Mesalai


Masih di Sulawesi utara tarian berikutnya adalah Tari Mesalai. Tarian ini merupakan tari tradisional yang berasal dari daerah Sangihe Talaud Sulawesi Utara.

Dulu Tari Mesalai ini tradisi masyarakat Sangihe Talaud yang percaya akan kekuatan Ghenggona Langi, Dauatang Saluruang (Tuhan Yang Maha Tinggi, Penguasa Alam Semesta). Mereka menyadari bahwa segala sesuatu yang merupakan keberhasilan/keberuntungan adalah pemberian Ghenggona (Tuhan). Itulah maka masyarakat Sangihe melakukan ritual sebagai ungkapan rasa syukur kepada Ghenggona melalui bentuk ritual mesalai ini.

Tari Lenso

Ada yang udah tahu tari Lenso itu gimana atau apa? Baik kami akan jelaskan dari sumber yang kami dapat, Tarian ini berhasil terbentuk dari ciptaan baru yang menggambarkan pemuda Minahasa, yang mendapatkan masa depan atau hidup yang cerah saat memilih belahan jiwa (pasangan) mereka.

Tari Maengket


Selanjutnya kita ulas tarian yang sangat molek ini, kamipun sangat menanti bahasan untuk tarian ini karena sangat jatuh cinta padanya, yakni Tarian Maengket. Tarian ini adalah salah satu kesenian tradisional Minahasa yang sungguh berbeda dengan tarian lainnya yaitu memadukan dua kesenian menari dan menyanyi. Tarian ini biasanya ditampilkan oleh sekitar 20 sampai 30 orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tempat Wisata di Lembang,Bandung

 Tempat Wisata di Lembang,Bandung 1.Gunung Tangkuban Perahu Gunung Tangkuban Perahu Tempat wisata di lembang yang populer dengan kis...