Senin, 19 Februari 2018

Makanan Khas Sunda

1. Nasi Timbel, Makanan Khas Sunda


kuliner sunda
Makanan Khas Sunda / makananoleholeh.com

Ya Sahabat yang pertama yang kita bahas adalah Nasi Timbel. Nasi Timbel termasuk makanan yang di Kenal di Tanah Air ini. Tapi taukah Sahabat Nasi Timbel itu berasal dari mana? Nasi Timbel adalah makanan khas Sunda yang mempunyai cita rasa yang kuat dan unik Sahabat, Nasi Timbel mempunyai banyak macam versi sehingga banyak orang yang kadang bingung ingin mencoba Nasi Timbel yang mana.
Pada awalnya Sahabat, Nasi Timbel ini adalah hidangan yang disiapkan untuk para petani untuk dimakan disaat beristirahat. Tetapi sahabat, sekarang Nasi Timbel disajikan untuk semua orang. Penyajian pada ikon dari masakan Sunda ini biasanya Sahabat didalam Daun Pisang. Di warung-warung makan, Nasi Timbel juga disajikan menggunakan wadah umum seperti piring.
Ada berbagai lauk yang disajikan Sahabat dalam Nasi Timbel yang pulen ini Sahabat Antara lain seperti ikan asin, pepes ikan, ampela, ayam goring, tawes dan japuh. Tidak lupa juga sahabat untuk menambah kesedapan makanan ditambahkan juga lalapan serta sambal untuk menambah nilai tradisional. Selamat untuk mencoba untuk merasakannya Sahabat.

2. Nasi Liwet, Masakan Khas Sunda


kuliner sunda
Makanan Khas Sunda / makananoleholeh.com
 
Ya Sahabat makanan Khas Suku yang kedua yaitu Nasi Liwet. Selain Nasi Timbel, Suku Sunda juga punya makanan Khas yang terkenal di banyak Kota-Kota di Indonesia. Makanan tersebut adalah Nasi Liwet yang sudah tidak asing lagi di lidah Masyarakat Indonesia
Nasi Liwet mempunyai dua versi. Versi pertama berasal dari Solo, sedangkan versi ke dua berasal dari Sunda. Ada perbedaaan dari kedua versi Nasi Liwet. Di Solo Sahabat, Nasi Liwet dibuat dengan santan dan dihidangkan bersama labu siam yang dimasak dengan santan. Sedangkan di Sunda tidak menggunakan santan dalam proses pemasakannya Sahabat.Nasi Liwet Khas Sunda ini mempunyai cita rasa yang gurih Sahabat meskipun tidak menggunakan santan. Rasa gurih yang dimiliki oleh Nasi Liwet diperoleh dari hasil penggunaan bumbu-bumbu rempah Khas Indonesia seperti batang serai, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jambal roti, daun kemangi dan daun salam. Nasi Liwet umumnya disantap bersama ikan asin sebagai menu pelengkapnya. Sebagian orang juga menyantap Nasi Liwet dengan sayur asem, ikan bagar ataupun gorengan tahu tempe sahabat.

3. Nasi Tutug Oncom, Kuliner Khas Sunda Asli


kuliner sunda
Makanan Khas Sunda / makananoleholeh.com

Ya sahabat selanjutnya adalah Nasi Tutuk Oncom. Dari namanya saja makanan yang satu ini membuat penasaran ya Sahabat, oke langsung saja kita bahas makanan yang satu ini.
Makanan Khas Sunda yang satu ini sudah pasti beraroma tradisional. Nasi Tutuk Oncom atau orang Sunda menyebutnya dengan Sangu Tutug Oncom, yang disingkat dengan T.O, Adalah sajian Nasi yang diaduk dengan oncom goring atau oncom bakar. Nasi Tutuk Oncom paling enak apabila disajikan dalam keadaan hangat. Di Jakarta dan Kota-Kota lain, ada cukup banyak warung makan khusus menyajikan Nasi Tutuk Oncom ini sahabat dan banyak berbagai variasi lauk pauk.
Nasi Tutuk Oncom ini Sahabat sebetulnya adalah makanan Khas Tasikmalaya. Makanan ini dinamakan tutug karena dalam bahasa Sunda mempunyai arti menumbuk Sahabat. Jadi proses mengaduk dan menumbuk Nasi dengan Oncom bisa disajikan bersama dengan lauk pendamping seperti tahu goring, tempe goring, ayam goring, lalapan sayur dan sambal terasi sahabat.

4. Karedok


kuliner sunda
Makanan Khas Sunda / makananoleholeh.com

Nahhhh Sahabat yang selanjutnya adalah Karedok, pasti sudah tidak asing lagi ya ditelinga kita, yukkk langsung kita bahas saja.
Di Jakarta, banyak sekali penjual karedok Sahabat. Karena hal tersebut banyak orang mengira kalau Keredok adalah makanan Khas Betawi, padahal bukan. Keredok adalah makanan Khas Sunda yang mempunyai kemiripan dengan gado-gado. Keredok menyajikan berbagai banyak sayuran sahabat dan dilengkapi dengan saus kacang tanah dengan kepedasan yang bisa menggugah selera.
Sayuran – sayuran yang digunakan untuk membuat Keredok cukup beragam Sahabat, seperti timun, toge, kacang-kacangan, terong hijau kecil, kubis, basil dan beberapa jenis sayuran lagi yang bisa ditambahkan sesuai selera pembuatnya Sahabat, ada perbedaan antara gado-gado dengan Keredok. Keredok itu sahabat memakai sayuran yang masih mentah. Di Sunda, Orang juga menyebut Keredok dengan nama Lotek Atah yang berarti Lotek Mentah. Keredok paling enak disantap bersama dengan nasi panas, tempe, tahu dan kerupuk Sahabat.
5. Lotek

kuliner sunda
Makanan Khas Sunda / makananoleholeh.com

Makanan Khas Sunda selanjutnya adalah Lotek sahabat. Lotek dan Keredok adalah makana khas Sunda yang juga mirip dengan gado-gado milik Jakarta Sahabat. Tetapi Sahabat kalau berdasarkan tampilan dan bahan pembuatannya, Lotek lebih cenderung mirip dengan pecel Khas Jawa Sahabat. Di Sunda, Lotek menjadi makanan yang digemari banyak masyarakat. Kalau Sahabat berwisata ke Jawa Barat, jangan sampai melupakan makanan yang satu ini untuk mencoba dan menyicipinya.
Lotek sendiri juga menggunakan sayur mayur yang tak jauh berbeda dengan gado-gado,seperti kangkung, kembang kol dan toge. Sayur mayur yang telah dicacah akan disiram dengan bumbu kacang yang ditambahkan dengan ketang rebus yang sudah ditumbuk dan kecur sehingga membuat rasanya menjadi lebih unik. Lotek biasanya dihidangkan bersama potongan lontong dan menu pelengkap yaitu kerupuk udang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tempat Wisata di Lembang,Bandung

 Tempat Wisata di Lembang,Bandung 1.Gunung Tangkuban Perahu Gunung Tangkuban Perahu Tempat wisata di lembang yang populer dengan kis...