Selasa, 20 Februari 2018

Kerajinan Dari Kain Bekas

 Kerajinan Dari Kain Bekas

1. Tirai Cantik untuk Jendela atau Pembatas Ruangan

ide-kerajinan-dari-kain-bekas-7
Sumber : https://id.pinterest.com/pin/122723158565796041/
Kalau kain bekasmu di lemari sudah menumpuk, kini saatnya mulai bergerak agar tidak telanjur memenuhi lemarimu dan membuat barang-barang di dalamnya menjadi tidak memiliki tempat. Salah satu kerajinan tangan dari kain bekas dalam jumlah banyak adalah tirai.

Untuk membuatnya, kamu cuma perlu mengumpulkan berbagai corak dan mengguntingnya dalam ukuran sama. Setelah itu, susunlah satu per satu, kemudian jahit hingga membentuk persegi panjang sesuai tinggi jendela. Sementara itu, lebarnya dapat disesuaikan ukuran kusen jendela maupun pintu yang hendak dibatasi. Kerajinan tirai cantik dari kain perca siap membuat ruanganmu terlihat makin ciamik.

2. Kerajinan Kain Perca – Bros Manis untuk Hijab

ide-kerajinan-dari-kain-bekas-6
Sumber: http://blogoinformasi.com/cara-membuat-kerajinan-bros-bunga-dari-kain-perca/
Aksesoris manis satu ini termasuk salah satu item paling disukai para kaum hawa, khususnya para hijabers. Entah sebagai pengait kerudung ataupun penghias blazer, bros selalu mampu membuat penampilan semakin menarik. Nah, kamu juga bisa membuat bros manis tersebut dari kain bekas tak terpakai loh.
Ide kerajinan dari kain perca berupa bros sangat cocok buat pemilik perca berukuran kecil-kecil. Anda hanya perlu mengerutkannya hingga menyerupai bunga, kemudian menambahkan kancing baju berwarna kayu untuk menambahkan kesan alami pada bagian depan. Jangan lupa pasangi peniti di bagian belakangnya agar kreasi kain sisa tersebut benar-benar menjadi bros cantik dan siap ditautkan pada hijab maupun blazer milikmu.

3. Sarung Handphone Limited Edition

ide-kerajinan-dari-kain-bekas-2
Merasa bosan oleh model atau motif sarung handphone di toko-toko karena terkesan pasaran? Tenang dulu, kamu bisa kok memiliki sarung handphone limited edition yang pastinya membuatmu merasa eksklusif. Bahan utamanya juga cuma kain perca berukuran sedang dengan tambahan beberapa pernak-pernik cantik untuk hiasan tambahan.
Kamu cuma perlu memastikan ukuran perca yang akan digunakan sedikit dua kali lebih lebar dari handphone milikmu. Sementara itu, panjangnya juga harus dua kali lipat lebih panjang dari ukuran handphone. Lalu jahit menyerupai bentuk handphone dan mengaitkan kancing ataupun pernak-pernik lainnya sebagai pengait untuk jalur keluar-masuk handphone.
Kita juga punya panduan lengkap cara membuatnya untukmu loh

4. Kerajinan dari Kain Perca – Pouch Mini Multifungsi

ide-kerajinan-dari-kain-bekas-4
Sumber: http://ellaandnesta.blogspot.co.id/2013/11/the-quilt-photography-workshop-japanese.html
Selain bisa menjadi sarung handphone, kain perca di lemarimu juga bisa dikreasikan menjadi wadah-wadah mini multifungsi, loh. Salah satunya adalah pouch yg dapat digunakan sebagai tempat mukena ataupun tempat peralatan serta perlengkapan make-up. Menarik, bukan?
Kalau punya perca cukup besar, kamu dapat membuat pouch mini langsung dari bahan tersebut desain berbentuk persegi ataupun setengah lingkaran agar unik. Tapi kalau cuma punya kain sisa berukuran kecil, maka harus menjahitnya dulu sampai berukuran agak besar. Tenang saja, jahitan kecil tersebut malah lebih keren karena menyerupai mozaik dalam model abstrak. Setelah membentuknya menjadi pouch mini, jangan lupa tambahkan furing di bagian dalam agar pouch tersebut nantinya cukup kuat menampung barang-barang nan hendak dibawa ke mana-mana.

5. Boneka Mungil untuk Teman Tidur

ide-kerajinan-dari-kain-bekas-8
Sumber (https://br.pinterest.com/pin/556546466430487825/)
Dari koleksi kain bekas atau perca di lemarimu, Anda juga bisa loh menciptakan boneka-boneka mungil yang bisa memeriahkan suasana tempat tidurmu. Tentu saja kamu tidak cuma perlu kain perca, tapi juga beberapa bahan penunjang lainnya. Tapi secara keseluruhan, proses pembuatan dan bahan-bahannya tidak akan membuatmu pusing.
Kamu cuma perlu mengumpulkan sisa kain perca milikmu. Kalau kecil-kecil, susunlah menjadi lembaran lebih besar melalui  menjahitnya secara rapat. Serta juga perlu menyediakan dacron sebagai isi agar boneka buatanmu tidak terkesan kempis. Manik-manik dan perca kecil lainnya akan kamu butuhkan untuk membuat mimik untuk bonekamu tersebut. Yang tidak boleh lupa, menyediakan peralatan jahit yg pas untuk membuat boneka mungil idamanmu.

6. Kerajinan Kain Perca – Gantungan Kunci Unik

ide-kerajinan-dari-kain-bekas-1
Sumber : http://hative.com/sewing-projects-for-beginners/
Ukuran kain sisa relatif tidak terlalu besar bisa digunakan untuk membuat berbagai benda imut tak disangka-sangka. Salah satunya, bisa menciptakan kerajinan tangan dari kain perca berupa gantungan kunci fungsional. Uniknya lagi, gantungan kunci dari kain perca akan sangat mencolok sehingga tidak mudah hilang. Dengan begitu, kunci yang kamu pasang di gantungan tersebut tidak akan tercecer.
Cara membuat gantungan kunci unik dari kain perca sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cara membuat gantungan kunci lain seperti flanel. Tapi khusus untuk perca, kemungkinan besar kamu perlu menjahit terlebih dahulu guna membentuk motif mozaik lebih besar. Selanjutnya, hanya tinggal membuat desain gantungan kunci sesuai kehendakmu, guna kemudian diwujudkan memakai teknik menjahit jelujur nan amat mudah dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tempat Wisata di Lembang,Bandung

 Tempat Wisata di Lembang,Bandung 1.Gunung Tangkuban Perahu Gunung Tangkuban Perahu Tempat wisata di lembang yang populer dengan kis...