Senin, 19 Februari 2018

Makanan Khas Sulawesi Tengah, Sop Kaledo

Makanan Khas Sulawesi Tengah, Sop Kaledo


sop kaledo khas sulawesi tengah
Sumber : http://ariffadlillah.com/

Makanan tradisional khas Sulawesi Tengah yang pertama adalah kaledo, kamu tahu enggak apa itu kaledo? Kaledo menjadi makanan faforit yang berasal dari Kota Palu yang semakin kesini peminatnya semakin bertambah.

Dimana Kota Palu sendiri adalah Ibu Kota dari Provinsi Sulawesi Tengah, kaledo termasuk kedalam jenis sop dimana sop ini dibuat atau dicampur dengan bumbu racik yang mampu membuat sop kaledo terasa segar, nikmat dan pastinya wuenak.
Daging sapi menjadi bahan utama pembuatan sop kaledo ini, daging sapi ini diolah menggunakan bummbu racikan khas masyarakat Palu. Bumbu yang dibuat akan meresap ke sop kaledo yang akhirnya menciptakan sebuah cita rasa yang muantap.

Kuliner Khas Sulawesi Tengah, Onyop


Kuliner Khas Sulawesi Tengah
Sumber : http://www.xplorcentsi.com/

Pernah dengar makanan dengan nama onyop ? Nah, onyob ini adalah nama suatu makanan yang menjadi ciri khas Sulawesi Tengah. Makanan khas Sulawesi Tengah ini (onyop) hamir sama dengan jenangan (makaanan yang popular di Jawa, khususnya Jawa Timur).
Onyob berbahan dasar sagu, dengan bentuk yang teak beraturan dan memiliki tekstur kenyal, penyajian untuk kuliner khas Sulawesi Selatan ini dengan cara di campur menggunakan kuah ikan yang terdapat rasa asam. Di Jawa sendiri jenang biasanya dijadikan sarapan sebelum beraktifitas seharian.
Onuop sendiri popular di daerah Luwuk yang teradapat di Sulawesi Tengah, sebenarnya onyop dan kuah asem adalah dua kuliner yang berbeda, namun dalam penyajian agar rasa yang dihasilkan juga lebih bervariasi, jadi setiap kamu beli onyop kamu juga pasti menjdapai kuah asem.

Lalampa Khas Sulawesi Tengah


Lalampa Khas Sulawesi Tengah
Sumber : http://kooliner.com/

Lalapa masuk kedalam makanan Khas Sulawesi Utara, namun lalapa juga popular di Sulawesi Tengah, sebenarnya makanan lalapa ini termasuk kedalam makanan jenis ringan, dan yang paling terkenal adalah palapa dari Manado, Sulawesi Utara.
Di Sulawesi Tengah juga palapa tidak kalah popular, makanan yang terbuat dari beras dengan ini ikan cakalang ini mipir dengan lemper yang mungkin lebih kita kenal. Palapa di bungkus menggunakan daun pisang yang sebelumnya telah di bakar terlebih dahulu.
Itulah yang membedakan lemper dan palama, bukan hanya isinya saja yang beda namun juga cara memasaknya, karena palapa dimasak dengan cara di bakar yang sudah pasti aroma dan rasnya lebih reasa lezat.
Kamu bisa menjadikan palapa ini teman di saat kamu ngobrol atau ngopi, karena selain enak dan lezat, palapa juga bisa menahan perut kamu yang perotes dan demo untuk segera di isi. Sekarang kamu bisa menemukan palapa di luar Provinsi, namun dengan rasa yang sedikit berbeda (mungkin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tempat Wisata di Lembang,Bandung

 Tempat Wisata di Lembang,Bandung 1.Gunung Tangkuban Perahu Gunung Tangkuban Perahu Tempat wisata di lembang yang populer dengan kis...