Senin, 19 Februari 2018

Makanan Khas Lampung


 Makanan Khas Lampung

Seruit



Seruit berkuah
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnnya, bahwa seriut merupakan makanan khas Lampung yang dihidangkan pada saat acara berkumpul baik keluarga besar atau pada acara-acara lainya seperti pernikahan, adat hingga keagamaan. Bagi masyarakat Pepadun, seruit dijadikan makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari, karena kebiasaan makan seruit pada hari atau waktu tertentu tidak dimiliki oleh semua masyarakat adat, hal itu karena dilakukan secara turun temurun saja bagi sebagian masyarakat. Seruit sendiri merupakan makana yang terbuat dari ikan bakar yang dicampur dengan sambar terasi khas Lampung, tempoyak atau beberapa ada yang memberi mangga. Jenis ikan yang digunakan seruit beragam, hanya saja yang digunakan adalah ikan-ikan dari sungai besar, seperti ikan balide, ikan baung, ikan layis dan berbagai ikan lainya. Untuk menyantap seruit biasnya di tambah dengan lalapan agar lebih nikmat.

BACA; Cara Lengkap Masak Seruit

Tempoyak


Jika kamu suka sekali dengan makanan yang terbuat dari durian, kamu bisa mencoba masakan khas Lampung ini. Tempoyak merupakan masakan yang memiliki bahan dasar buah durian yang telah difermentasi. Sejauh ini, Tempoyak sudah dikenal di berbagai wilayah baik di Indonesia maupun di negeri tentangga seperti Malaysia. Masakan khas Lampung ini bisa kamu buat sendiri di rumah tanpa harus membeli. Untuk pembuatanya, kamu bisa menyiapkan daging durian yang tidak banyak mengandung air. Durian yang dipilih diusahakan dari durian yang memiliki kualitas super dan benar-benar sudah matang agar kualitas rasa dari Tempoyak lebih nikmat. Setelah itu, kamu harus memisahkan daging durian dengan bijinya dan diberikan sedikit garam. Kemudian tambahkan cabe rawit secukupnya, hal ini untuk mempercepat fermentasi dan simpanlah di tempat yang tertutup rapat dan mempunyai suhu udara yang dingin, jika perlu masukan kedalam kulkas.

Setelah 2 hingga 5 hari, kamu bisa mengolahnya dengan ikan seperti Teri, Mujair, ikan mas dan ikan lainya. Jika dibuat sambal, kamu harus mencampurkan bawang putih dan merah, cabe halus atau yang telah dipotong-potong kecil, tambahkan sedikit gula untuk pengganti sedikit gula. Kemudian goreng sekitar 3 menit, setelah dirasa cukup, sambal Tempoyak siap dihidangkan dengan makanan lainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tempat Wisata di Lembang,Bandung

 Tempat Wisata di Lembang,Bandung 1.Gunung Tangkuban Perahu Gunung Tangkuban Perahu Tempat wisata di lembang yang populer dengan kis...